Tuesday, April 24, 2007

NOFX “Respect For Unity” Asian Tour at Pekan Raya Jakarta – Saturday April, 21st 2007.


Arena PRJ pada hari sabtu malam sekitar pukul 19.00 wib dipadati oleh ratusan massa yang datang pada malam itu hanya untuk menyaksikan salah satu band punk rock NOFX berasal dari California USA yang berdiri sejak tahun 1983. Pada awalnya sempat diragukan akan singgahnya NOFX untuk tour asia ke Indonesia, tapi berkat kerja keras dari Marisi Multimedia sebagai EOnya akhirnya NOFX dapat juga bertandang ke Jakarta.

Beberapa menit berlalu, brigade pintu masuk telah dijaga oleh beberapa aparat kepolisian yang mulai memeriksa massa untuk memasuki area PRJ. Satu demi satu massa pun memasuki pintu H untuk berkumpul di area terbuka yang telah dipersiapkan oleh panitia, walaupun ada beberapa orang yang sempat tertahan masuk akibat penjagaan pada malam itu yang sangat ketat sekali. Saya pun sempat merasa kecewa dengan perlakuan aparat kepolisian yang begitu tidak persuasif seolah-olah kami dianggap sebagai pemicu kerusuhan nantinya.

Waktu telah menunjukan pukul 20.00 wib, massa pun sedikit demi sedikit telah memadati area terbuka PRJ, sambil menunggu digelarnya acara saya pun santai sejenak dan bertegur sapa dengan kawan-kawan lama. Hampir 2 jam saya dan teman-teman menunggu, akhirnya pukul 21.00 wib acarapun dimulai dengan menampilkan band pembuka asal hongkong Kinglychee yang bergenre pada hardcore punk. Kekompakan mereka sangat bagus pada malam itu dengan membawakan sekitar 6 lagu, mampu membuat massa sedikit merangsek ketengah-tengah stage.

Akhirnya pukul 22.00 wib band yang telah lama ditunggu-tunggupun tampil, NOFX band punk rock dengan vokal yang digawangi oleh Fat Mike (Mike Burkett) mampu membuat massa mulai merangsek kedepan untuk melihat dari dekat penampilan mereka.

Dengan suara vokal yang khas dari Fat Mike, Erik Sandin (drum), Eric Melvin (gitar). El Hefe (gitar dan trumpet) untuk mengakhiri lagu pertama sebagai pembuka. Obrolan komunikatif yang membuat tersenyum itulah yang disodorkan NOFX disela-sela jeda lagu untuk membawa penonton agar tidak tegang dan mereda suasananya. Franco unamerica....Franco unamerica... Franco unamerica lagu dari album War On Errorism (2003), NOFX dengan sangat bersemangat membawakan lagu tersebut lalu dilanjutkan dengan lagu linoleum, don’t call me white, the idiot son of an asshole, the brews..

Penampilan mereka pada malam itu selain bagus juga sangat komunikatif kepada penonton, sehingga penonton dapat tersenyum dan sedikit tertawa. Memang usia band ini sangat dibilang tidak muda lagi sudah hampir 23 tahun mereka telah mengeluarkan 14 album dan 4 EP tetapi performance mereka patut diacungi jempol.

Waktu telah menunjukan pukul 24.30 wib, NOFX telah menyelesaikan kerinduan penggemarnya di Indonesia dengan membawakan sekitar 18 lagu dan akhirnya usai sudah konser “Respect For Unity” Asian Tour dari NOFX, massa pun membubarkan diri dengan teratur dan tertib. Respect For Unity, Respect For Our Scene.

No comments: